08 February 2011

UAS TEKNIK PEMROGRAMAN

PROJECT UAS
TEKNIK PEMROGRAMAN

PETUNJUK
• Membuat media pembelajaran mata kuliah teknik pemrograman
• Materi tiap mahasiswa 1 tema (pilihan)
• Project bersifat individu dan dikerjakan sendiri
• Mohon dilaksanakan dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab
• Ingat filosofi oleh-oleh kita

TUJUAN
• Sebagai pilot project kelas teknik pemrograman
• Meningkatkan kreatifitas dan gaya belajar mahasiswa
• Mahasiswa dapat merancang dan membuat media pembelajaran mata kuliah
• Sebagai UAS dengan sifat take home


 Ujian Akhir Semester pada mata kuliah ini, ada beberapa tahapan sbb:
1. Pembuatan media pembelajaran mata kuliah Teknik Pemrograman, pembagian materi terlampir.
2. Tanda tangan absensi UAS dan dikumpulkan pada hari kamis, 17 februari 2011 (pukul 10:00–15:00).
a. Print out laporan (dijilid-model buku)
i. Paper size = A5
ii. Margin: top, right, bottom = 1; left = 2
iii. Font style = times new roman
iv. Font size = judul materi (16), judul pokok bahasan & sub pokok bahasan (12), isi (10).
b. CD berisi:
i. Media pembelajaran yang dibuat (file asli & file hasil-export)
ii. File pendukung (ex: materi pendukung, file audio/musik, file animasi, dll)
3. Pengumuman nilai pada hari sabtu, 19 februari 2011.
4. Bagi mahasiswa yang nilainya kurang, akan diadakan remidi dengan ujian lisan pada hari senin, 21 februari 2011 (pukul 10:00-15:00).











 Adapun ketentuan penilaian sbb:
1. Kelengkapan materi;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
2. Perancangan media pembelajaran;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
3. Laporan;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
4. Media yang dibuat;
BAGUS = 20 %
CUKUP = 15 %
KURANG = 10 %
5. Animasi;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
6. Gambar Pendukung;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
7. Dubbing;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
8. Back sound;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
9. Soal evaluasi;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %











 Adapun pembagian materi sbb (tiap mahasiswa memilih satu materi):

1. Algoritma
2. Pseudocode
3. Sistem Komputer dan Bahasa Pemrograman
4. Flowchart
5. Kondisi Percabangan (IF)
6. Kondisi Percabangan (Case of)
7. Hubungan Antar Kondisi (AND + OR)
8. Struktur Perulangan (For-Do)
9. Struktur Perulangan (Repeat-Until)
10. Struktur Perulangan (While-Do)
11. Prosedur
12. Fungsi
13. Array
14. Teknik Pencarian (Sequential Search)
15. Teknik Pencarian (Binary Search)
16. Teknik Pengurutan (Buble Sort)
17. Teknik Pengurutan (Quick Sort)
18. Algoritma Rekursif
19. Operasi Matriks (Penjumlahan & Pengurangan)
20. Pemrosesan teks
21. Pemrograman Prosedural
22. Pemrograman Berorientasi Objek
23. Teknik Pengurutan (Selection Sort)
24. Teknik Pengurutan (Insertion Sort)
25. File (Record)
26. String Palindrom
27. Bilangan Fibonacci
28. Operasi Matriks (Perkalian & Pembagian)
29. Contoh Kasus (Program Penggajian Karyawan)
30. Contoh Kasus (Program Kredit Mobil)
31. Contoh Kasus (Program Kredit Rumah)
32. Contoh Kasus (Program Kredit HP)
33. Contoh Kasus (Program Seleksi Beasiswa)
34.

Keterangan:
Materi minimal:
- Definisi
- Struktur umum
- Contoh kasus
- Algoritma & flowchart Contoh kasus
- Pseudo code contoh kasus



 GOOD LUCK 


salam smart;
akhlis munazilin, s.kom

0 comments:

 
Powered by Akhlis Munazilin