PROJECT UAS
PEMROGRAMAN DASAR
PETUNJUK
• Membuat media pembelajaran (penyelesaian kasus berbasis tutorial) mata kuliah pemrograman dasar
• Materi tiap mahasiswa 1 tema (pilihan)
• Project bersifat individu dan dikerjakan sendiri
• Mohon dilaksanakan dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab
• Ingat filosofi oleh-oleh kita
TUJUAN
• Sebagai pilot project kelas pemrograman dasar
• Meningkatkan kreatifitas dan gaya belajar mahasiswa
• Mahasiswa dapat merancang dan membuat media pembelajaran (model tutorial ) mata kuliah
• Sebagai UAS dengan sifat take home
Ujian Akhir Semester pada mata kuliah ini, ada beberapa tahapan sbb:
1. Pembuatan media pembelajaran mata kuliah Pemrograman Dasar, pembagian materi terlampir.
2. Tanda tangan absensi UAS dan dikumpulkan pada hari kamis, 17 februari 2011 (pukul 10:00–15:00).
a. Print out laporan (dijilid-model buku)
i. Paper size = A5
ii. Margin: top, right, bottom = 1; left = 2
iii. Font style = times new roman
iv. Font size = judul materi (16), judul pokok bahasan & sub pokok bahasan (12), isi (10).
b. CD berisi:
i. Media pembelajaran (model tutorial) yang dibuat (file asli & file hasil-export)
ii. File pendukung (ex: materi pendukung, file audio/musik, file animasi, dll)
3. Pengumuman nilai pada hari sabtu, 19 februari 2011.
4. Bagi mahasiswa yang nilainya kurang, akan diadakan remidi dengan ujian lisan pada hari senin, 21 februari 2011 (pukul 10:00-15:00).
Adapun ketentuan penilaian sbb:
1. Pilihan dan Kompleksitas Kasus;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
2. Penyelesaian kasus;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
3. Teori Untuk Penyelesaian;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
4. Perancangan Program;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
5. Program;
BAGUS = 20 %
CUKUP = 15 %
KURANG = 10%
6. Laporan;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
7. Media yang dibuat (model tutorial);
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
8. Back sound + Dubbing;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
9. Pengujian Program;
BAGUS = 10 %
CUKUP = 7 %
KURANG = 5 %
Adapun pembagian materi sbb (tiap mahasiswa memilih satu materi):
1. Program Penggajian Karyawan
2. Program Biaya Mahasiswa
3. Program Kredit Sepeda Motor
4. Program Kredit Mobil
5. Program Leasing Elektronik
6. Program Penilaian Mahasiswa
7. Program Toko Makanan
8. Program Toko Buku
9. Program Toko elektronik
10. Program Toko Bangunan
11. Program Seleksi Beasiswa
12. Program Kredit Rumah
13. Program Tempat Rekreasi
14. Program Hotel
15. Program Penjualan Tiket Bus
16. Program Penjualan Tiket Kereta Api
17. Program Penjualan Tiket Pesawat Terbang
18. Program Penjualan Tiket Bioskop
19. Program Rental Komputer/Warnet
20. Program Perpustakaan
21. Program Luas & Keliling Bangun Datar
22. Program Luas, Keliling, & Volume Bangun Ruang
23. Program Toko HP
24. Program Laundry
25. Program Toko Sport
26. Program Rental Mobil
27. Program Konversi Mata uang
Keterangan:
Penggunaan Teori minimal:
- Operasi Aritmatika
- Kondisi Percabangan
- Kondisi Perulangan
- Algoritma & flowchart Contoh kasus
- Pseudo code contoh kasus
- Ada Menu
Tahap
1. Kasus
2. Penyelesaian
3. Teori untuk penyelesaian
4. Perancangan program
a. Algoritma
b. Flowchart
5. Program
6. Pengujian
GOOD LUCK
0 comments:
Post a Comment